Labels

Ads

Sabtu, 20 Agustus 2016

Kapal Pesiar MS Pacific Eden Kembali Singgah di Sabang

Kapal Pesiar MS Pacific Eden Kembali Singgah di Sabang
Kapal Pesiar MS Pacific Eden [disediakan oleh sabangkota.go.id]
Kapal wisata mewah (cruise) MS Pacific Eden berbendera Inggris, Kamis (18/8/2016) kembali berlabuh di pelabuhan Sabang tepatnya di Dermaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang.

Kapal yang dinahkodai oleh Cristopher James Norman, tiba di Sabang sekira Pukul 07.00 WIB, setelah menempuh pelayaran dari Phuket, Thailand.

Kapal yang sebelumnya pernah singgah di Sabang pada tanggal 4 Agustus 2016 lalu, saat tiba di Sabang disambut oleh Kepala BPKS, Fauzi Husen bersama Deputi Umum, Chandra Hasan serta para unsur Direktur dilingkungan Badan Pengusaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Seperti biasanya, Penyambutan tersebut, ditandai dengan penampilan tari adat Aceh dan pengalungan bunga yang diserahkan langsung kepada Kepala BPKS, Fauzi Husen kepada penumpang yang turun pertama sekali ke dermaga.

Disela-sela penyambutan, Fauzi Husen mengatakan, kapal ini kembali lagi ke Sabang karena daerah ini memiliki kesan tersendiri bagi para penumpang dan Nahkoda Kapal.

“Ini yang kedua singgah di Sabang, penumpang merasa aman dan disambut sangat baik oleh masyarakat. Apalagi moment hari ini ada perayaan karnaval anak-anak sekolah yang membuat mereka semakin senang,” kata Fauzi Husen.

Kedepan harapan BPKS dengan semakin tertariknya operator cruise singgah ke Sabang, akan mendongkrak ekonomi rakyat. Karena kunjungan cruise ini berdampak langsung, ucapnya.

“BPKS sendiri akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada operator cruise, sehingga mereka akan merasa aman dan nyaman saat singgah di Kota Sabang,” harap Fauzi.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah, mengatakan kapal tersebut memiliki panjang 220 meter dengan bobot 55.877 GT (Gross Tonage).

“Ini merupakan kali kedua kapal ini singga ke Kota Sabang. Kali ini mereka mengangkut sebanyak 1960 wisatawan yang terdiri dari 1341 penumpang dan 619 crew,” sebutnya sembari menambahkan selanjutnya kapal akan bertolak ke Singapura.

Menurutnya, dengan kunjungan Pacific Eden kali ini, tercatat bahwa kunjungan wisatawan cruise ini hampir menembus angka 8000 orang.

“Kita optimis bahwa Sabang bakal menjadi “magnet” kapal-kapal cruise dunia. Karena volume kunjungan cruise ke Sabang, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Misalnya saja, sepanjang 2016, setidaknya ada 7 cruise yang singgah ke Sabang.

“Di Januari ada Silver Shadow, Seven Seas Voyager (dua kali), dan Hamburg (dua Kali). Hari ini, MS Artania, Pacific Eden (dua kali) mengunjungi Sabang. Hingga Agustus sebenarnya 8, tetapi satu kapal pada bulan Februari yakni Silver Shadow batal masuk karena buruknya cuaca perairan,” jelas Zulkarnaini.

Dengan melihat rentetan kunjungan cruise ke kota sabang ini, dirinya berharap kota Sabang dapat menjadi primadona bagi cruise dunia. [wartaaceh.com]

Lihat juga: Disbudpar Pakai Strategi POSE Promosikan Pariwisata Aceh